Internalisasi Nilai Akhlak Melalui Pengajian Kitab Ta’lim Di Pondok Pesantren Darussalam Tugumulyo
Keywords:
Interernalisasi, Nilai Akhlak, Pondok PesantrenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis internalisasi nilaipendidikan akhlak dengan mengetahui transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai pendidikan akhlak melalui pengajian kitab Ta’limul Muta’alim di Pondok Pesantren Darussalam. Dengan menggunakan Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif studi lapangan, yaitu berusaha mendeskripsikan suatu latar, objek atau peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam. Studi kasus/situs adalah penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif mengenai unit sosial tertentu, yang meliputi individu, kelompok, lembaga dan masyarakat. Penelitian ini akan menghasilkan informasi yang detail yang mungkin tidak bisa didapatkan pada jenis penelitian lain.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bentuk internalisasi nilai pendiidikan akhlak meliputi; Transformasi nilai akhlak yaitu tentang pemahaman terhadap isi Kajian Kitab Ta’lim al Muta’alim Ada 13 pasal yaitu: Hakikat ilmu dan keutamaannya, pelajar harus memiliki niat saat menuntut ilmu. Memilih ilmu, guru, dan teman, serta keteguhan dalam menuntut ilmu, menghormati ilmu dan ahlinya. sungguh-sungguh, tekun, dan semangat, urutan tingkat pelajaran yang mesti diajarkan, tawakal kepada Allah, masa mencari ilmu ada seumur hidup, kasih sayang dan nasihat. mengambil faedah pelajaran, wara’, penyebab hafal dan lupa, sesuatu yang mendatangkan dan menjauhkan rezeki. Selanjutnya nilai akhlak dalam pengajian Kitab Ta’limul Muta’alim yang telah dianggap penting dan menjadi landasan berprilaku di pondok pesantren menitik beratkan kepada beberapa aspek yaitu aspek kebenaran dalam niat belajar, kesungguhan dalam belajar, cara menghormati ahli ilmu dan teman, sungguh-sungguh, tekun, semangat, terus belajar, dan memiliki kasih sayang.
Transaksi nilai pendidikan akhlak tercermin dalam kegiatan dalam majlis mencakup pengajian kitab kuning, penjelasan materi, sesi tanya jawab, dan praktik. Kegiatan di luar kelas meliputi; kegiatan tartil Al-Qur’an, kegiatan musyawarah, kegiatan pengajian kitab klasik termasuk juga melibatkan praktik dalam kehidupan sehari-hari santri dan seluruh komunitas di pesantren. Transinternalisasi nilai-nilai akhlak diterapkan dan diajarkan secara praktis di pondok pesantren yaitu; lingkungan berbasis nilai-nilai akhlak, pembelajaran praktis, kegiatan rutin, pembinaan etika dan moral, keterlibatan dalam kegiatan sosial, dan kebiasaan dan etika harian.
References
Abdul Kadir Aljufri, terjemah ta’lim muta’alim, surabaya (mutiara ilmu; 2009)
Abuddin Nata, “Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia” Jakarta: rajawali Pers, 2013.
fidatul Izha. 2020. “Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMP Islam Ma'arif 02 Malang.” Vicratuna: Jurnal Pendidikan Islam 5(6)
Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; CV Pustaka Setia, 2009)
Ahmad Sahar. 2018. “Pandangan Al-Ghazali Tentang Pendidikan Moral.” Jurnal An-Nur 1(2)
Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin (Terjemahan Syeikh Jamaluddin Al-Qasimi Ringkasan Ihya Ulumuddin), (Jakarta: PT Darul Falah, 2016)
Aliy As’ad, Terjemah Ta’limul Muta’allimu Bimbingan Bagi Para Penuntut Ilmu Pengetahuan, Cet. XXVII, (Kudus: Menara Kudus, 2007)
Azra, Azumardi, “Pendidikan Islam (Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium)”, (Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2000)
Bafadhol, I (2017). Pendidikan akhlak dalam perspektif islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, jurnal. Stai alhidayah bogor.ac.id,
Bali, M. M. E. I., & Susilowati , S. . (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1)
Bambang Supardi, Transformasi Religiusitas Model Full Day School. Guepedia; 2020
Chabib Toha, Metodologi Pengajaran Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999)
Dahlan, et. al., Kamus Ilmuah Populer (Yogyakarta: Arkola, 1994)
Dwi Harmita, Dkk. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Pada Siswa. JOEAI (Journal Of Education And Instruction), 5 (1)
Fadlurrahman, Hardi Mahardika. 2020. “Internalisasi Nilai Religius Pada Peserta Didik ; Kajian Atas Pemikiran Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam.” JRTIE 3(1)
Fuad Ihsan, Dasar-Dasar Kependidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)
Ibrahim Bafadal, Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif, (dalam Metodologi Penelitian Kualitatif : Tinjauan Teoritis dan Praktis), (Malang : Lembaga Penelitian UNISMA, tt).
Imam al-Zarnûji, Ta’lîm al-Muta’allim Tharîq at-Ta’allum, Beirut: al-Maktab al-Islami, cetakan pertama, 1981.
Inanna. 2018. “Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral.” Jekpend 1(1)
Jack, C, Ricards, Longman Dictionary of Languge Teaching and Appied Linguistics, (Kuala Lumpur, Longman Group, 1999)
Kenjoro Nengrat, Metode Wawancara Dalam Metode-Metode Penelitian Masyarakat (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993)
Masnur Muchlish, Pendidikan Karakter (Menjawawab Tantangan Krisis Multimedmensional), (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai (Yogyakart: Pustaka Pelajar, 2011)
Moh Jamil, Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syeikh Muhammad Syakir” (Jakarta: Hida Karya Agung, 2010)
Muhaimin, et. Al, Strategi Belajar Mengajar (Surabaya: Citra Media, 1996)
Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Muhammda Bin Khaldun, Al-Allamah Abdurrohman, Ibnu Khaldun Mukoddimah, (Jakarta: Pustaka AlKautsar, 2011)
Mujiono, Imam, "Ibadah Dan Akhlak Dalam Islam" (Yogyakarta: UII Press Indonesia, 2002)
Nasir Ridwan, “Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan”, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)
Noeng Muhadjir, Pendidikan Ilmu dan Islam (Yogyakarta: Reka Sarasin, 1985)
Nur Widiastuti. (2021). Metode Pembelajaran Dalam Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman. Jurnal Al-Fatih, Vol 1, No 1.
Ristianah, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1).
Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Prakteknya, (Jakarta : Bumi Aksara, 2005)
Triyo Suproianto, “Humanitas Spiritual dalam Pendidikan”, (Malang: UIN Malang, 2009)
Zakiyah Darajat, Dasar-Dasar Agama Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1992)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fuad Hisyam
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.