Pengaruh Fanatisme Korean Wave (Serial Drama Korea) Terhadap Aktivitas Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Di Ma Nu Mranggen

Authors

  • Ari Setiyanto STAI Darussalam Sumatera Selatan
  • Ayu Nurmalasari STAI Darussalam Sumatera Selatan
  • M. Irfan Malik STAI Darussalam Sumatera Selatan

Keywords:

Korean wave fanaticism, learning activities, Korean drama series

Abstract

This research was carried out at Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Mranggen, the reason for this research was to find out how much influence the fanaticism of the Korean wave (Korean drama series) had on learning activities of moral beliefs. This research uses a correlational quantitative approach carried out from January to February 2024, the method used is the correlation method using a purposive sampling technique. The sample for this research was 35 students and the data was obtained using a questionnaire (Likert scale) and the data collection techniques used were questionnaires and documents. Research data analysis uses descriptive tests, classical assumption tests in the form of normality tests and linearity tests, and hypothesis tests in the form of simple linear regression tests, coefficient of determination, and t tests. Based on the results obtained, there is an influence of Korean wave fanaticism (Korean drama series) on the learning activities of students' moral beliefs at MA NU Mrangen amounting to 49% (coefficient of determination) while the remaining 51% is influenced by other variables that are not in this research.

References

Aditama, Hafiidz. "Analisis Fenomena Korean Wave Terhadap Sikap Fanatisme Pada Remaja Indonesia” JURNAL PSIMAWA 6.1 (2023): 1-5.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012). Aminuddin,A.W., Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan

Agama Islam, (Jakarta: Graha Ilmu, 2010).

Angelicha,T.(2020).Dampak Kegemaran Menonton Tayangan Drama Korea Terhadap Perilaku Remaja. EduPsyCouns:Journal ofEducation, Psychology and Counseling,2(1),154-159.

Arikunto, S. dkk (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Atika, Nadya Tri.”Pengaruh Korean Wave Terhadap Fanatisme Kaum Muda

Indonesia (Analisis Terhadap Maraknya Budaya Korean Wave di Bandung, 2016.

Benny Pasaribu et al., Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis, UUP Academic Manajemen Perusahaan YKPN, 2022.

Dasopang, Muhammad Darwis. 2017. Belajar dan Pembelajaran.

Deden Makbuloh, (2011), “Pendidikan Agama Islam”, Jakarta: Rajawali Pers. Diana Annisa Fitri,skripsi,2019.“Pengaruh Drama Korea Terhadap Karakter

Mahasiswa Pai.”Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Lampung.

Dian Rahmadani,”Hubungan Fanatisme Korean wave(Drama Korea)Dengan Tingkat ReligiusitasProdi PAI Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta Tahun Akademik 2022/2023 (Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, fakultas Ilmu Tarbiyah, 2023).

Dokumen “Sejarah Berdirinya Sekolah”, 27 januari 2024 MA NU Mranggen. Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan

Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 25.

Herlambang, B. (2018). Hubungan Antara Kesepian (Loneliness) Dengan Kecenderungan Fanatik Terhadap Hewan Pada Komunitas Pecinta Hewan.Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Herlina. 2013. Bibliotherapy: MengatasiMasalahAnakdanRemajamelalui.

Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Lahmuddin Lubis & Elfiah Muchtar, (2009),” Pendidikan Agama Dalam Perspektif Islam”, Bandung: Cipta pustaka Media Perintis.

Lesmana, R. P. D., & Syafiq, M. (2022).Fanatisme Agama Dan Intoleransi Pada Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 36-49.

Lubis, Lahmuddin; ASRY, Wina.”Ilmu pendidikan islam.” 2020.

Marpaung, Junierissa (2016). Pengaruh Penerapan Metode Ceramah plus dengan Metode Resitasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam.Retrieved From http://www. Journal.unrika.ac/pdf.

Majid, Abdul. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Majid, Abdul dan Dian Andayani.Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Dan Implementasi Kurikulum). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, n.d.

Maurin, Hana, and Sani Insan Muhamadi. “ Metode Ceramah Plus diskusi Dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa.” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Educaion 1.2 (2018). Diakses 28 Februari 2024. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad.

Muh.Shofan, ”Pendidikan Berparadigma Profesik Upaya Kontruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam.”(Gresik: UMG Press, 2004), hlm. 38.

MUSYAFA'ALI, M. Kreativitas Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MTs PSM Kedungombo Tanjunganom Nganjuk. Diss. IAIN Kediri, 2023.Hlm. 24.Diakses 27 Februari 2024.https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11861

M.Kes. Dr. Sri Hernawati, drg. dan Peter B Dervan, “Metodologi Penelitian,”hal. 23–30.

Nurul Haq, Dadan dan Hasbiyallah. (2012). Pendidikan Akidah Akhlak. Bandung: Fajar Media.

Nugraha, Asep Irpan. "Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Smartphone Dalam Aktivitas Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta." E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan 7.3 (2018): 267-282.

Oemar Hamalik.2011.Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Angkasa

Pasya, A. P. P. A. I. "Pendidikan agama islam." Jurnal, diakses pada 09.01 (2024),hlm. 1.

Prasanti, Rahayu Putri, and Ade Irma Nurmala Dewi."Dampak Drama Korea (Korean Wave) terhadap Pendidikan Remaja." Lectura: Jurnal Pendidikan 11.2 (2020): 256-269.

Putra, Ary Antony. "Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al- Ghazali." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1 (2016), hlm. 46.

Putri, Asheriyanti Tri. "Pengaruh Tayangan K-Drama (Korean Drama) Terhadap Perubahan Perilaku Mahasiswi Universitas Islam."

Putri, Idola Perdini, Farah Dhiba Putri Liany, and Reni Nuraeni. “K-Drama dan penyebaran Korean Wave di Indonesia. “ProfTVF 3.1 (2019):68-80

Putri, Karina Amaliantami. Gaya Hidup Generasi Z Sebagai Penggemar Fanatik Korean Wave. Diss. Fakultas Ilmu Budaya, 2019

Ridwan, Muhammad. "Konsep tarbiyah, ta’lim dan ta’dib dalam al- Qur’an." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1.1 (2018): hlm. 43.

Sadirman .2006.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali Sagala, Rumadani. "Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Aktivitas Belajar Bahasa

Arab Peserta Didik Kelas VII Di MTs Nurul Falah Bukit Kemuning." Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 8.2 (2020): 53-70. Diakses pada 26 Februari 2024.

Sarjuni, Ali Bowo Tjahjono, Dkk. Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI). Edited by Onwardono Rit Riyanto. Cirebon: CV. Zenius Publisher, 2023.

Sholehatin, A. D. (2023). Pengaruh Menonton Drama Korea Terhadap Perilaku Mahasiswa Kpi Angkatan 2020 Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Raden Intan Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Syah, Ahmad. "Term Tarbiyah, Ta'lim Dan Ta'dib Dalam Pendidikan islam: Tinjauan dari Aspek Semantik." Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 7.1 (2008).

Suryadi, Rudi Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish, 2018.

Susanti, Riri. "Pengembangan modul pembelajaran PAI berbasis kurikulum 2013 di kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar." JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 2.2 (2017).

Suryani, Ari Putri. Pengaruh Kecanduan K-Pop Dan Menonton Drama Korea Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru.2023. Phd Thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Syafaat,A.S.,”Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja.” (Jakarta: Rajawali Pres, 2018).

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Fanatisme Korean Wave (Serial Drama Korea) Terhadap Aktivitas Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Di Ma Nu Mranggen. (2024). Al-Haytham: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 106-114. https://jurnal.staidasumsel.ac.id/index.php/alhaytham/article/view/122