INTEGRASI KECERDASAN BUATAN (AI), DEEP LEARNING, DAN KURIKULUM BERBASIS SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS UNTUK GENERASI GLOBAL

Authors

  • Nurul Yuniar STAI Darussalam Sumatera Selatan
  • Tasya Triyaswati STAI Darussalam Sumatera Selatan
  • Putri Rizki Ayu Saputri STAI Darussalam Sumatera Selatan

Keywords:

Integrasi AI, Deep Learning, Sustainable Development Goals, Generasi Global

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana pengintegrasian teknologi kecerdasan buatan (AI) dan pendekatan deep learning dalam kurikulum Bahasa Inggris berbasis SDGs dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan soft skills siswa. Dengan metode campuran (mixed methods), kami mengkaji efektivitas pembelajaran adaptif berbasis AI, proyek kolaboratif lintas budaya, serta pemantauan capaian SDGs melalui data digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan AI dan pembelajaran adaptif meningkatkan skor kemampuan Bahasa Inggris lebih signifikan dibanding metode konvensional, sekaligus mengasah keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi siswa. Penerapan kurikulum SDGs memberi konteks global pada pembelajaran, memperkuat kesadaran sosial-eksperimental siswa. Kendala implementasi seperti infrastruktur dan kesiapan guru perlu diatasi melalui pelatihan dan kebijakan pendukung. Rekomendasi kebijakan mencakup pengembangan infrastruktur digital, pelatihan literasi AI bagi pendidik, serta kerangka penilaian digital adaptif agar pembelajaran lebih inklusif dan berkelanjutan.

References

Aftinia, Fitria., Munir, Ahmad., Nugroho, Himmawan Adi, (2025), (PDF) The Use of Gamification in English Learning for Sustainable Development Goals (Sdgs): a Case Study in a Junior High School English Club, Journal of lifestyle and SDGs Review. https://www.researchgate.net/publication/389339662_The_Use_of_Gamification_in_Eng lish_Learning_for_Sustainable_Development_Goals_Sdgs_a_Case_Study_in_a_Junior_ High_School_English_Club

Astawa, N. L. P. N. P., & Permana, P. T. H. (2020). Media pembelajaran dengan kecerdasan buatan dalam pembelajaran Bahasa Inggris generasi-Z. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 756– 767. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11540

Aftinia, F., Munir, A., & Nugroho, H. A. (2025). The use of gamification in English learning for Sustainable Development Goals (SDGs): A case study in a junior high school English club. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(3), e04941. https://doi.org/10.47172/2965- 730X.SDGsReview.v5.n03.pe04941

Haetami. (2025). AI-driven educational transformation in Indonesia: From learning personalization to institutional management. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 17(2), 1819–1832. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i2.7448

Nadya, R., Amalia, I., & Rachman, I. F. (2025). Analisis potensi dan tantangan dalam penggunaan AI di bidang pendidikan. Semantik, 3(2), 296–308.

Nuraeni, R., Natalia, E. A., Sihotang, S. V., Aini, Q., & Rahardja, U. (2025). The influence of collaborative English language learning methods on student empathy and tolerance. Jurnal Mentari: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–10.

Rahmawati, D. (2025). Strategi mengintegrasikan AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 4(7), 4626–4645. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i7.19640

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824

Downloads

Published

2025-08-24

How to Cite

INTEGRASI KECERDASAN BUATAN (AI), DEEP LEARNING, DAN KURIKULUM BERBASIS SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS UNTUK GENERASI GLOBAL. (2025). Al-Haytham: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 122-129. https://jurnal.staidasumsel.ac.id/index.php/alhaytham/article/view/144