PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM TUGUMULYO

Authors

  • Mahmud fauzi STAI Darussalam Sumatera Selatan
  • Nandang Samsul Arifin STAI Darussalam Sumatera Selatan

Keywords:

Media Gambar, Minat Belajar, Mandrasah Tsanawiyah

Abstract

Media pembelajaran berupa gambar merupakan alat bantu yang dapat di gunakan guru dalam proses pembelajaran dengan tujuan utuk membentuk pembelajaran yang bermakana bagi peserta didik. Sehiingga peran dari seorang guru yang memiliki keahlian, ketetapan dan kemampuan dalam penggunaan media tersebut sangat berpengaruh pada terbentuknya minat belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meeningkatkan minat belajar siswa Kelas VII MTs Darussalam Tugumulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni peneliti menggambarkan penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Tugumulyo melalui wawancara mendalam pada informan penelitian yang di dukung dengan proses pengamatan dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas VII, 8 orang guru mata pelajaran dan seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 25 orang. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu dengan alur, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan tahap verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam menggunakan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Tugumulyo yakni : menyesuaikan materi dengan gambar yang akan di gunakan mengingat keterbatasan media, menyusun langkah – langkah dalam menggunakan media gambar, menyesuaikan langkah – langkah pembelajaran berdasarkan RPP, referensi dan tujuan pembelajaran yang telah di susun sebelumnya.

References

Arikunto. Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hamalik. Oemar. (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional Media and

Technologies for Learning. New Jersey: Pearson Education.

Noviyanti, Yohana Budi dkk. (2016). Artikel : pengaruh minat belajar siswa dan media pembelajaran

terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi informasi.

Sadiman, Arief S. (2003). Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Safitri, Apriani dan Nurmayanti. (2018). Faktor – Faktor yang mempengaruhi minat belajar masyarakat Bajo.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyani, Ricka Intan. (2016). Artikel : hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar.

Sudjana, Nana dan Rivai, A. (2013). Media pengajaran, Bandung : Sinar Baru Algesindo. Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Bandung : Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi penelitian pendidikan komptensi dan prakteknya. Jakarta : Bumi Aksara. Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-08-24

How to Cite

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM TUGUMULYO. (2025). Al-Haytham: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 130-138. https://jurnal.staidasumsel.ac.id/index.php/alhaytham/article/view/145