Pelaksanaan Model Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Fiqih
Keywords:
Pendekatan Konstektual, Pembelajaran Aqidah AkhlakAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya model pembelajaran yang masih monoton dan cenderung kurang menarik dalam proses pembelajarannya sehingga perlu menerapkan model pembelajaran konstektual. Di sisi lain adanya fenomena pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah yang belum optimal dan belum menyentuh ranah yang sesungguhnya. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat memahami pokok-pokok hukum Islam dan tata cara pelaksanaannya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari adalah model pembelajaran konstektual (Contextual Teaching and Learning). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan informan dengan menggunakan sistem purposive sampling. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqih, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan siswa kelas XI, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan implementasi pendekatan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN Kota Metro berjalan dengan baik, dalam pelaksanaannya ada tiga tahap dalam melaksanakan pendekatan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, yaitu tahap perencanaan pembelajara, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap penilaian pembelajaran kontekstual.
References
Azra, Azyumardi,Rekonstruksi Kritis Ilmu dan Pendidikan Islam dalam Munir Mulkhan, dkk, Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren Religiusitas Iptek, Jogjakarta, Pustaka Pelajar, 2001
B. Miles, Matthew dan Michael Humbermen, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI-Press,1992
Depag RI, Metodologi Pendidikan Agama Islam,Jakarta. Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2004
Johnson, Elanine B, Contextual Teaching And Learning, Terj. Ibnu Setiawan Bandung: MLC, 2007.
Muchtar, Hari Jauhari, Fiqih Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.
Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosda karya, 2003.
--------------, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Muslich, Masnur, KTSP; Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah Bab VII.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2008.
Slavin, Robert E., Cooperative Learning, terj. Nurulita Yusron, Bandung: Nusa Media, 2008.
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2003
Sumiati, dkk, Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2008.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitsik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Usman, M. Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.