Implementasi Metode Sorogan pada Pembelajaran  Kitab Taqrib dalam Meningkatkan Pemahaman Nahwu dan Fiqih bagi Santri di Pondok Pesantren Darussalam Tugumulyo OKI

Authors

  • Faridatul Mukhafidhoh Universitas Ma'arif Lampung
  • Jaenullah Universitas Ma'arif Lampung
  • Siti Roudhotul Jannah Universitas Ma'arif Lampung

Keywords:

Sorogan, Implementasi, Pondok Pesantren

Abstract

Metode sorogan merupakan metode pembelajaran langsung secara individual atau kelompok antara ustadz dan santri yang terus dilestarikan oleh Pesantren salaf. Pondok Pesantren darussalam merupakan pesantren yang masih menerapkan metode sorogan dalam sistem pembelajarannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi metode sorogan pada pembelajaran Kitab Taqrib di Pondok Pesantren Darussalam dan mengkaji faktor-faktor yang mendukung peningkatan pemahaman Nahwu dan Fiqih bagi santri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan efektif dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap fiqih dan nahwu dengan rincian implementasi sebagai berikut. Pertama dari sisi aspek teknis pelaksanaan dimulai dengan pemetaan materi sorogan kitab taqrib sesuai jenjang kelas, disusul proses pembagian kelompok dengan jumlah maksimal 6 orang per kelompoknya, kemudian menetapkan ustadz yang menjadi pendamping/murobbi yang tidak hanya mengajar namun juga mengarahkan dan membimbing para santri, dan terakhir adalah rancangan diskusi tanya jawab yang merupakan bagian integral dari proses pembelajaran. Kedua dari sisi aspek teknis ajar dimulai dari pembacaan dengan terjemahan bahasa Jawa per kata, pe-murod-an makna untuk memperdalam pemahaman fiqih, serta telaah Nahwu dari sisi tarkib, jumlah, dan lain-lain. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor pendukung yang dapat meningkatkan implementasi metode sorogan pada pembelajaran Kitab Taqrib dalam rangka memperdalam pemahaman Nahwu dan Fiqih bagi santri di Pondok Pesantren Darussalam, yaitu keterlibatan ustadz yang kompeten, diskusi interaktif, dan penerapan teori ke praktik. Dengan demikian, implementasi metode sorogan pada pembelajaran Kitab Taqrib di Pondok Pesantren Darussalam terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman Nahwu dan Fiqih bagi santri. Temuan ini dapat menjadi pedoman bagi lembaga pendidikan agama lainnya yang ingin mengadopsi metode serupa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Abror, Darul. Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf). Deepublish, 2020.

Alwi, B. Marjani. “Pondok pesantren: ciri khas, perkembangan, dan Sistem Pendidikannya.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 16, no. 2 (2013): 205–19.

Amiruddin, Amiruddin. “Pembelajaran Kooperatif Dan Kolaboratif.” Journal Of Education Science 5, no. 1 (17 Mei 2019). https://doi.org/10.33143/jes.v5i1.357.

Arifin, Adiyatna, dan Dinna Hajja Ristianti. “Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Kitab Kuning Santri Al-Afiyah Bogor Jawa Barat.” Inspiratif Pendidikan 11, no. 1 (2022): 24–36.

Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Buna Aksara, 1998.

As-Subki, Tajudin. Jam’ul Jawami’. Libanon: Darul Kutub Al-Ilmiah, 2002.

Aziz, Akbar Nur, Azam Syukur Rahmatullah, Titi Anjasari, dan Sita Anna Janti. “Efek Psikologis Pembelajaran Homeschooling dalam Penerapan Teori Sosial Kognitif dan Konstruktivisme.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 9, no. 1 (1 Januari 2023): 113–28. https://doi.org/10.37905/aksara.9.1.113-128.2023.

Az-Zarnuji. Ta’lim Muta’alim. Surabaya: Darul Kutub Al-Ilmiah, 2017.

Basri, Husen Hasan. “Pengajaran Kitab-Kitab Fiqih Di Pesantren.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 10, no. 1 (2012). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=518925&val=10615&title=PENGAJARAN%20KITAB-KITAB%20FIQIH%20DI%20PESANTREN.

Cholil, Muhammad. “Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso Tahun 2020. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjan Institut Agama Islam Jember. Pembimbing I: Prof.Dr. H. Abd. Halim Soebahar, M.A. Pembimbing II: Dr. H. Matkur, S.Pd.I, M.Si.” Undergraduate, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2021. http://digilib.uinkhas.ac.id/6044/.

Dan, Pialqura. “Mengenal Qawaid Fiqhiyyah.” Diakses 15 Maret 2024. https://www.academia.edu/download/107251491/Pengenalan_Qaawaid_Fiqhiyyah.pdf.

Dewey, John. “Experience and Education.” The Educational Forum, 30 September 1986. https://doi.org/10.1080/00131728609335764.

Fathoni, Mukhamad. Pembelajaran Fiqih di Pesantren. CV. Mitra Cendekia Media, 2023. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=JvPMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Fiqih+pesantren+&ots=dEdDmZ7HXK&sig=a2aYPa1_mAJybq0pcIkt8Gwad9c.

Febnasari, Sindy Deni, Zainal Arifin, dan Eka Sari Setianingsih. “Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi ‘TPS’ untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 3 (2019): 310–18.

Hasibuan, Humaidah Br. “Penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Ta’dib Al-Syakirin Titi Kuning Kecamatan Medan Johor.” Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2018). https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/384.

Ilahi, Mohammad Takdir. “Kiai: Figur elite pesantren.” IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 12, no. 2 (2014): 137–48.

Jabir, Muhammad, dan Wahyu Wahyu. “Efektivitas Metode Sorogan Terhadap Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Raudhatul Mustofah Lilkhairat.” Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (2020): 13–24.

Jamaludin, Jamaludin, Muhammad Sarbini, dan Ali Maulida. “Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pada Santri Tingkat Wustho Di Pondok Pesantren Al-Muslimun Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur Tahun 2019.” Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (16 September 2019): 124–34. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.535.

Kamal, Faisal. “Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (1 Desember 2020): 15–26. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1572.

Khasanah, Nur, Achmad Irwan Hamzani, dan Havis Aravik. Pesantren Salafiyah dalam Lintasan Sejarah. Penerbit NEM, 2022.

Maulana, Fakhrian Harza. “Pengaruh motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan komitmen organsasi terhadap kinerja karyawan pada Bank BTN Kantor Cabang Malang.” PhD Thesis, Brawijaya University, 2015. https://www.academia.edu/download/54183464/880-3511-1-PB.pdf.

Murtafiah, Nurul Hidayati. “Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Kitab Al Jurumiyah Dalam Menigkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.” An Nida, 2021.

———. “Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Kitab Al Jurumiyah Dalam Menigkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.” An Nida, 30 Juni 2021. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/AND/article/view/75.

Nurdianto, Talqis. Ilmu Nahwu Bahasa Arab. Zahir Publishing, 2018. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=9GP9DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Ilmu+Nahwu+&ots=MYTqnVWqYm&sig=IMWqVeA1MQvYBaDCxuqadTfy8ZE.

Perawironegoro, Djamaluddin. “Mengevaluasi Pengembangan Staf.” Diakses 23 April 2024. https://www.academia.edu/download/38602796/MENGEVALUASI_PENGEMBANGAN_STAFF.pdf.

Prayoga, Ari, Irawan Irawan, dan Ahmad Rusdiana. “Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren.” Al-Hikmah 2, no. 1 (2020): 77–86.

Rahman, Anwar Abd. “Sejarah Ilmu Nahwu dan Perkembangannya.” Jurnal Adabiyah 10, no. 1 (2010): 98–109.

Rohman, Fathur. “Pembelajaran Fiqih Berbasis Masalah Melalui Kegiatan Musyawarah Di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): 179–200.

Sajaya, W. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetisi. Jakarta: Kecana, 2006.

Saputra, Hardika. “Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).” Jurnal Pendidikan Inovatif 5, no. 3 (2021). https://osf.io/mjx82/download.

Saputro, M. Nugroho Adi, dan Poetri Leharia Pakpahan. “Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 4, no. 1 (29 April 2021): 24–39. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151.

Siregar, Muammar Kadafi. “Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3, no. 2 (16 November 2018): 16–27. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2263.

Sulaiman, Rusydi. “Pendidikan Pondok Pesantren: Institusionalisasi Kelembagaan Pendidikan Pesantren.” ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman 9, no. 1 (2016): 148–74.

Sulastri, Eti. 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Guepedia, 2019.

Supardan, H. Dadang. “Teori dan praktik pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran.” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 4, no. 1 (2016). https://www.academia.edu/download/62239329/199-388-1-SM_120200301-68210-1pyss04.pdf.

Susilo, Agus Agus, dan Ratna Wulansari. “Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam 20, no. 2 (2020): 83–96.

Syafe’i, Rahmat. Ilmu Ushul Fiqih. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Syato, Abu Bakar. Hasyiah I’anatut Tholibin. Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiah, 2018.

“Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran | ISLAMIKA,” 20 Juli 2019. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/208.

Tim Laskar Pelangi. Metodologi Fiqih Muamalah. Kediri: Lirboyo Pers, 2013.

Wahbah Az-Azuhaili. Ushul Fiqhi Al-Islami. Damaskus: Darul Fikr, 2007.

Yogica, Relsas, Arief Muttaqiin, dan Rahmadhani Fitri. Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher, 2020. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=qCrxDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=metode+pembelajaran&ots=qanoiUYGUC&sig=IT5ba4igmwXCNLLj-7Xq5vuLi-c.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif: Teori Dan Praktek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Putra Media Nusantara & IAIN Press, 2010. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1163/.

Zamakhsyari Dhofier. Tradisi Pesantren : Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2019. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=130432.

Downloads

Published

2024-07-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Metode Sorogan pada Pembelajaran  Kitab Taqrib dalam Meningkatkan Pemahaman Nahwu dan Fiqih bagi Santri di Pondok Pesantren Darussalam Tugumulyo OKI. (2024). Al-Haytham: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 72-93. https://jurnal.staidasumsel.ac.id/index.php/alhaytham/article/view/111