Inovasi Dan Pengembangan Kurikulum Berbasis Sosial Ekonomi Guna Meningkatkan Kemandirian Ekonomi (Studi Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan)

Authors

  • Puput Setiawati STAI Darussalam Sumatera Selatan
  • Ahmad Ridwan STAI Darussalam Sumatera Selatan
  • Ani Maghfiroh STAI Darussalam Sumatera Selatan

Keywords:

Inovasi, Kurikulum, Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai inovasi dan pengembangan kurikulum berbasis sosial ekonomi di lembaga pendidikan Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan dan memberikan role model bagi pondok pesantren lain dalam pengembangan kurikulum berbasis sosial ekonomi dan kemandirian ekonomi pesantren. Penelitian ini dilakukan di lembaga pendidikan Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Menunjukkan hasil penelitian bahwasannya inovasi dan pengembangan kurikulum berbasis sosial ekonomi di PP. Sunan Drajat Lamongan meliputi pembekalan ilmu kewirausahaan atau enterpreneur, pondok pesantren juga memfasilitasi secara langsung untuk santri berkarya dan bekerja sambil mengabdi di unit-unit usaha yang sudah disediakan pondok pesntren Sunan Drajat. Keberlangsungan unit-unit usaha ini menjadikan pendorong pondok pesantren Sunan Drajat untuk mandiri secara ekonomi.

References

Afriani Agus dkk, Sherly. 2022. Pengembangan Ekonomi Berbasis Pesantren (Studi Kasus Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone), Jurnal Islamic Economics Vol 8 N0 2.

Fauzul Hakim Hasibuan dkk, Ahmad. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol 5 No 2.

Fitri Nurqamal dkk, Insany. 2022. Then Intention of Generation Z To Apply For Job, Jurnal bisnis, manajemen dan Informatika, Vol 18, No III.

Lugina, Ugin. 2018. Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren di Jawa Barat, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol 4 No 1.

Mun’im dkk, Abdul . 2023. Pemberdayaan Santri melalui Program “Clean Area” di Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan, Journal of student Engagement, Vol 02 Nomor 02.

Nailatul Muyassaroh, Shofi & Agus Zaenul Fitri, 2021. Management of Nonformal Education Institutional in Optimizing Services to Community: A Case Study, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 05 No 03.

Rofiq, Ainur. 2020. Strategi Dakwah Kiai Abdul Ghofur di Era Milenial, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 02, No 1.

Saputri dkk, Aji . 2022. Hebitren dan Pemberdayaan Ekonomi Pesantren di Solo Raya, Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, Vol 2 No 2.

Zaenul Fitri, Agus & Nik Haryanti, 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, dan Research and Development, Cetakan Pertama. Malang: Madani.

Zaenul Fitri, Agus. 2013. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam:dari Normatif –Filososfis ke Praktis, Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta.

Zaenul Fitri, Agus. 2022. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan: Filososfis dan Aplikatif Pratices, Cetakan Pertama. Malang: Madan.

Downloads

Published

2024-07-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Inovasi Dan Pengembangan Kurikulum Berbasis Sosial Ekonomi Guna Meningkatkan Kemandirian Ekonomi (Studi Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan). (2024). Al-Haytham: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 49-61. https://jurnal.staidasumsel.ac.id/index.php/alhaytham/article/view/109