Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di SMA Islam Darussalam Tugumulyo Ogan Komring Ilir
Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru, Kualitas Proses PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengatahui Kompetensi Pedagogik Guru PAI Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di SMA ISLAM DARUSSALAM Tugumulyo Ogan Komering Ilir”. Jenis penelitian ini adalah field research dengan analisis data menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan rumus chi kuadrat, koefisien korelasi, kontigensi, dan harga phi. Hasil penelitian ini setelah dianalisa dengan mean, standar deviasi, TSR dan distribusi frekuensi dapat dikategorikan dengan jumlah skor yang bervariasi, yakni kategori tinggi 16.67%, kategori sedang 75%, dan kategori rendah 8.33%. Sedangkan Kualitas proses pembelajaran di SMA ISLAM DARUSSALAM setelah dianalisa dengan mean, standar deviasi, TSR dan distribusi frekuensi berada dalam beberapa katagori yakni kategori tinggi 13.89%, kategori sedang 77.78% dan yang dalam kategori rendah 8,33%. Berdasarkan hasil analisa statistik, ditemukan harga 0 (phi) = 1,242. Selanjutnya harga 0 (phi) yang telah diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan Tabel Nilai “r” Prouduct moment, dengan nilai df sebesar 34, maka diperoleh harga rtabel taraf signifikasi 5% = 0.339 dan pada taraf signifikasi 1% diperoleh harga rtabel = 0,436. Hasilnya menunjukan bahwa harga 0 (phi) = 1,242 lebih besar dari pada harga tabel “r” product moment baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Hasil analisis menunjukan bahwa hipotesa alternative (Ha) Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di SMA ISLAM DARUSSALAM Tugumulyo Ogan Komering Ilir dapat diterima dan terbukti secara signifikan.
References
A Tabrani Rusyan, Profesionaisme tenaga kependidikan, (Jakarta: karya jaya, 1994)
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta, Rajawali Pers 2010).
Djam’an Satori, dkk “Profesi Keguruan” (Jakarta, Universitas terbuka, 2007)
Hamzah B.Uno, “Profesi Kependidikan” (Gorontalo, Bumi Aksara, 2007)
Jamal Ma’ruf Asmani, 7 Kompetensi Guru Menyenangkan Dan Professional. (Jogjakarta: Power Books (IHDINA), 2009) cet.1
M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. (Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya,1995
Mustaqim, Psikologi Pendidikan, (Semarang, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2004)
Martinis Yamin, Paradikma baru pembelajaran, (Jambi: GP Pres, 2011)
M.Said, terjemah Al-Qur’an. (Bandung: Al ma’arif, 1987)
M.Suparno, Metode Pengajaran Agama Islam (Jakarta: Amisco, 2003)
Oemar Hamalik, “Pendidikan Guru berdasarkan pendekatan Kompetensi” (Bandung, Bumi Aksara, 2002)
S. Hassan masdoeki, kamus Populer, (Jakarta: Pustaka Amani 1997)
Purwanto, Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Psikologi dan Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012), Cet IV .
Prof. Dr. Suharsimi Arikuto, Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. (jakarta: PT Rinika Cipta,edisi revisi VI, 2006)cet.PT asdi mahasatya
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2012)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Bina Aksara, 2006), Cetakan Keenam
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), (Jakarta: Tamita Utama,2004)
WJS. Purwadarmita, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1996)
Zakiyah daradjat, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)